Pengertian Dopamin dan Bagaimana Mengontrolnya

Pengertian dan Cara Mengontrol Dopamine

Pengertian dan Cara Mengontrol Dopamine

Pengertian Dopamin dan Bagaimana Mengontrolnya – Dopamin adalah bahan kimia sederhana yang berperan besar dalam kesehatan mental dan kebugaran tubuh kita. Ini diproduksi secara alami di otak dan ini bertanggung jawab untuk mengatur tingkat mood dan energi kita. Singkat kata, dopamin adalah bahan kimia yang menandakan kenikmatan dan kegembiraan pada otak.

Dopamin tingkat rendah diketahui menyebabkan depresi, kesedihan, kemalasan, kurangnya minat pada aktivitas tertentu, hasrat makanan dan bahkan rasa sakit kronis.

Di sisi lain jika kadar dopamin kita di cek, kita dalam suasana hati yang baik, merasa senang, tetap fokus dan kita memiliki nafsu makan yang normal.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan kadar dopamin?

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memulai aktivitas fisik. Tidak masalah jika Anda bermain olahraga, berlari, angkat beban atau melakukan pekerjaan fisik. Yang paling penting adalah aktif. Sejumlah penelitian menunjukkan bagaimana aktivitas fisik dapat meningkatkan produksi dopamin dan melawan depresi.

Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan diet Anda di cek. Meskipun banyak unsur yang berbeda dapat mempengaruhi jumlah zat kimia ini, seperti genetika, hormon, obat-obatan dan alkohol, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dopamin di otak diproduksi di bawah pengaruh beberapa makanan – sebenarnya diproduksi oleh komponen makanan ini.

Jadi makan makanan yang tepat mungkin memainkan peran penting dalam mengendalikan kadar dopamin dan melawan depresi.

Makanan yang akan meningkatkan kadar Dopamin:

  • Makanan kaya protein. Makanan berprotein tinggi seperti makanan ayam, daging tanpa lemak dan keju cottage mengandung lengkap yang menyediakan semua asam amino yang membantu menghasilkan dopamin dan norepinephrine. Telur bisa dijadikan pengganti orang yang tidak makan daging.
  • Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam makanan laut seperti sarden, ikan tenggiri, salmon, tuna, bass bergaris dan herring memiliki banyak fungsi dalam tubuh, termasuk bagian dari sekresi neurotransmitter. Seafood memiliki protein yang mudah dicerna, banyak nutrisi jejak, asam lemak esensial berkualitas tinggi, kadar kolesterol rendah dan lemak jenuh rendah.

ADD YOUR COMMENT