Manfaat Mengkonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan Anda

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Pedas

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Pedas

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Pedas – Apakah Anda menyukai makanan pedas dan panas? Tahukah Anda bahwa makanan ini sebenarnya bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda?

Apa Saja Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

Fitokimia yang bisa ditemukan pada paprika panas yang disebut capsaicin bisa baik untuk kesehatan Anda. Capsaicin adalah zat kimia tak berwarna dan tidak berbau yang bertanggung jawab atas sensasi terbakar yang Anda rasakan saat Anda mencicipi lada panas. Ya, capsaicin memberi rasa panas pada cabe rawit, cabai, dan jalapeno.

Berikut Adalah Manfaat Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

Saat ini, bahan kimia ini digunakan sebagai obat baik secara internal maupun sebagai aplikasi topikal. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan capsaicin:

  1. Capsaicin mengurangi rasa sakit

Capsaicin diketahui menghambat neuropeptida yang disebut Substance P yang merupakan pemancar utama rasa sakit ke otak. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa capsaicin dapat meredakan sakit kepala, sakit kepala migrain dan nyeri sinus.

  1. Capsaicin bertindak sebagai antiinflamasi

Manfaat lain dari capsaicin adalah dapat melawan peradangan. Hal ini menjadikannya komponen ampuh dalam pengobatan melawan psoriasis, arthritis dan neuropati diabetik.

  1. Capsaicin menurunkan kolesterol “jahat”

Capsaicin dikenal menurunkan kolesterol “jahat”, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah pengerasan arteri. Hal ini membuat baik untuk jantung dan obat yang bisa mencegah serangan jantung saat dikonsumsi secara teratur.

  1. Ini bisa membuat sistem pencernaan Anda tetap sehat

Karena sifat anti bakteri, capsaicin melawan infeksi di usus, dan meningkatkan produksi enzim pencernaan di perut. Mengkonsumsi makanan tinggi capsaicin bisa menghasilkan sistem pencernaan yang lebih sehat dan lebih fungsional.

  1. Ini bisa menjaga sistem pernapasan Anda tetap sehat

Karena sifat anti bakteri yang disebutkan di atas, capsaicin melawan infeksi sistem pernapasan dan infeksi sinus dan alergi umum. Pada saat bersamaan akan meredakan hidung tersumbat dengan merangsang sekresi di hidung.

  1. Capsaicin meningkatkan metabolisme dan membakar lemak

Capsaicin juga memiliki sifat termogenik, yang berarti meningkatkan aktivitas metabolik. Metabolisme Anda akan meningkat selama lebih dari 30 menit setelah dikonsumsi. Bahkan sejumlah besar suplemen pembakaran lemak saat ini mengandung sejumlah kimia ini dalam strukturnya.

Beberapa ahli bahkan setuju bahwa rasa panas capsaicin yang dikonsumsi dapat menyebabkan penurunan nafsu makan, yang dapat menyebabkan makan makanan dalam jumlah sedikit seiring waktu dan penurunan berat badan.

  1. Ini membunuh sel kanker

Dalam penelitian Cancer Research diketahui bahwa sekitar 80% sel kanker manusia yang tumbuh pada tikus telah meninggal setelah diobati dengan capsaicin. “Capsaicin menghambat pertumbuhan sel kanker prostat manusia dalam cawan petri dan tikus,” kata pemimpin peneliti Dr. H. Phillip Koeffler, direktur hematologi dan onkologi di Cedars-Sinai Medical Center dan seorang profesor kedokteran di University of California, Los Angeles.

Manfaat kesehatan capsaicin sangat banyak, tapi tidak semua orang bisa makan makanan panas dan pedas. Dalam hal ini suplemen capsaicin bisa digunakan untuk menggantikan makanan panas.

ADD YOUR COMMENT