Inilah Kerugian Minum Alkohol Bagi Binaragawan

Kerugian Minum Alkohol Bagi Binaragawan

Kerugian Minum Alkohol Bagi Binaragawan

Kerugian Minum Alkohol Bagi Binaragawan – Alkohol atau etanol adalah salah satu minuman tertua di dunia, dan satu yang digunakan oleh hampir semua orang. Minum alkohol memiliki efek positif dan negatif, yang harus Anda sadari, terutama jika Anda adalah seorang binaragawan.

Bahaya Minum Alkohol Bagi Binaragawan

Meski berfungsi sebagai sumber kenikmatan dan relaksasi bagi banyak orang, jika Anda adalah atlet atau binaragawan yang fokus pada peningkatan otot, Anda akan terkejut mengetahui betapa merugikannya membangun otot.

Beberapa efek buruk alkohol bagi binaragawan tercantum di bawah ini:

  1. Kalori Kosong

Alkohol kekurangan vitamin dan nutrisi dan hanya menyediakan kalori kosong. Ini menyediakan 7 kalori per gram, yang berarti hanya satu tembakan dari 80 proof vodka yang akan memberi Anda 100 kalori, yang sangat banyak jika Anda mencoba untuk kehilangan lemak.

Peningkatan asupan alkohol dalam makanan memberikan kandungan kalori tinggi, yang merupakan sesuatu yang tidak diinginkan binaragawan. Asupan alkohol juga memperlambat laju metabolisme karena mengganggu siklus Kreb.

Bila siklus Kreb tidak berjalan dengan benar, tubuh tidak dapat memecah lemak. Selain itu, tubuh harus bekerja ekstra keras untuk mencerna dan memetabolisme alkohol, bahwa pembakaran lemak berhenti bersamaan.

  1. Alkohol menyebabkan dehidrasi

Konsumsi alkohol memiliki efek jangka pendek dan jangka panjang. Alkohol adalah diuretik, yang berarti menyebabkan buang air kecil secara berlebihan. Adanya cairan dalam alkohol itu sendiri menghasilkan lebih banyak pembentukan urin. Kencing yang berlebihan juga menyebabkan hilangnya ion, seperti sodium, potassium dan magnesium dll yang dibutuhkan oleh sel tubuh untuk melakukan dengan benar.

Selain itu, air yang hilang dalam urin tidak proporsional dengan jumlah ion yang hilang dalam urin. Ketika konsentrasi ion dalam darah meningkat, air didorong keluar dari sel, sehingga menghabiskan jumlah air yang ada di dalam sel. Hal ini menyebabkan dehidrasi dan perasaan haus secara keseluruhan.

Retensi air penting bagi binaragawan, karena ini memberi kesan ramping dan keras. Namun, dehidrasi akibat konsumsi alkohol membuat sulit membangun sel otot. Peningkatan asupan alkohol oleh binaragawan diketahui sangat merusak pertumbuhan otot karena menghambat penyerapan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kontraksi otot, relaksasi, perbaikan dan pertumbuhan.

  1. Alkohol memperlambat Protein Sintesis

Sintesis protein adalah proses dimana nitrogen dari asam amino digunakan oleh sel individu untuk membangun protein. Kedua DNA (asam deoksiribonukleat) dan RNA (asam ribonukleat) terlibat dalam proses ini. Konsumsi alkohol yang besar dapat mempengaruhi keuntungan secara signifikan.

  1. Menurunkan Tingkat Testosteron dan Meningkatkan Tingkat Estrogen

Kadar alkohol dalam darah yang lebih tinggi menghasilkan penurunan kadar testosteron. Studi yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara tingkat keracunan dan kadar testosteron menunjukkan bahwa kadar testosteron turun rata-rata 25% lebih rendah pada keadaan paling mabuk.

Alkohol juga menyebabkan aromatisasi androgen menjadi estrogen lebih cepat. Inilah sebabnya mengapa binaragawan mengambil androgen harus menghindari asupan alkohol sama sekali karena ada risiko tinggi terkena ginekomastia (payudara jalang).

Oleh karena itu, binaragawan yang mengambil androgen dan minum menempatkan diri pada risiko aromatisasi. Dalam penelitian lain yang dilakukan, diketahui juga bahwa asupan alkohol mengurangi kadar HGH (Human Growth Hormone) hingga 42%.

Apalagi bila terjadi penurunan kadar testosteron akibat konsumsi alkohol pada binaragawan, mereka sering merasa benar-benar horny. Ini karena tubuh mencoba mengembalikan kadar testosteron dengan melepaskan hormon Luteinizing (LH) dalam jumlah sangat besar.

  1. Mengurangi Tingkat Energi dan Kinerja Kekuatan

Jika Anda minum alkohol dalam 1-2 hari terakhir setelah berolahraga, Anda akan mengalami penurunan tingkat energi dan dampak negatif pada kinerja kekuatan. Alkohol mempengaruhi metabolisme zat lain dalam tubuh, termasuk lemak dan karbohidrat.

Hal ini mengurangi tingkat kinerja dan tingkat energi juga memiliki dampak negatif pada fungsi kardiovaskular. Metabolisme karbohidrat yang terbatas juga membatasi kadar glikogen otot, yang mengakibatkan kelelahan.

Jadi jika Anda adalah seorang binaragawan yang serius, Anda tidak ingin terlibat dalam konsumsi alkohol karena memiliki banyak efek buruk hanya pada keuntungan otot, tapi fungsi tubuh lainnya juga.

Anda tidak hanya harus menghindari mengkonsumsi alkohol secara langsung sebelum atau sesudah berolahraga, tapi sebaiknya hindari mengkonsumsi alkohol sama sekali. Hal ini karena mengonsumsi beberapa minuman malam sebelumnya juga bisa menimbulkan dampak negatif pada rutinitas olahraga Anda.

ADD YOUR COMMENT