Efek Kurang tidur Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Efek Kurang tidur Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Efek Kurang tidur Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Efek Kurang tidur Bagi Kesehatan Tubuh Anda – Menurut peneliti Inggris, tidur nyenyak bisa berdampak buruk pada tubuh dan kesehatan Anda. Efek ini diamati saat siklus tidur orang dipotong menjadi kurang dari enam jam semalam. Dalam rentang waktu hanya seminggu yang kurang tidur, aktivitas ratusan gen pun berubah.

Efek Samping Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Penyakit jantung, diabetes, obesitas dan fungsi otak yang buruk semuanya terkait dengan tidur yang buruk, namun hubungan yang tepat antara kehilangan tidur dan kesehatan belum diketahui.

Apa yang peneliti di Universitas Surrey lakukan adalah, mereka menganalisis sampel darah dari 26 orang yang memiliki 9-10 jam tidur setiap malam selama seminggu. Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan sampel yang diambil dari orang yang sama setelah seminggu kurang tidur (kurang dari 6 jam tidur setiap malam).

Mereka menemukan bahwa kimia tubuh diubah oleh perubahan yang terjadi pada lebih dari 700 gen, semuanya membawa informasi untuk membangun protein dalam tubuh. Jam biologis tubuh juga berubah; Gen yang biasanya aktif di siang hari jauh lebih tidak aktif akibat kurang tidur.

Bahaya Kurang Tidur Terhadap Kesehatan Mental Anda

“Ada perubahan aktivitas yang cukup dramatis dalam berbagai jenis gen. Jelas tidur sangat penting untuk membangun kembali tubuh dan mempertahankan keadaan fungsional, semua jenis kerusakan tampaknya terjadi – mengisyaratkan pada apa yang dapat menyebabkan kesehatan yang buruk. Jika kita tidak bisa benar-benar mengisi dan mengganti sel baru, maka itu akan menyebabkan penyakit degeneratif. “- kata Profesor Colin Smith, dari Universitas Surrey.

Area seperti sistem kekebalan tubuh dan bagaimana tubuh merespon kerusakan dan stres pun terpengaruh. Dia juga menambahkan bahwa banyak orang mungkin akan kehilangan lebih banyak tidur dalam kehidupan mereka sehari-hari daripada yang ada dalam penelitian – menunjukkan bahwa perubahan ini mungkin umum terjadi.

Menurut Dr Akhilesh Reddy dari Universitas Cambridge, temuan yang paling penting adalah hubungan antara peradangan, sistem kekebalan tubuh dan kurang tidur. Sekarang mungkin untuk melihat kaitan antara efek tidur yang buruk dan masalah kesehatan seperti diabetes atau kondisi jantung.

“Tapi perasaan saya adalah bahwa tidur pada dasarnya penting untuk meregenerasi semua sel.” Kata Dr Akhilesh Reddy.

Juga diketahui bahwa tidur berpengaruh terhadap produksi hormon. Tidur yang buruk menurunkan produksi Growth Hormone, Testosteron serta hormon penting lainnya dalam tubuh kita.

ADD YOUR COMMENT