Benarkah Kurang Tidur Bisa Membuat Anda Semakin Gemuk

Kurang Tidur Bisa Membuat Anda Semakin Gemuk

Kurang Tidur Bisa Membuat Anda Semakin Gemuk

Kurang Tidur Bisa Membuat Anda Semakin Gemuk – Sebuah studi baru yang berasal dari Universitas Uppsala, Swedia, menunjukkan bahwa area otak tertentu yang mengarah pada keinginan seseorang akan makanan jauh lebih terstimulasi dalam menanggapi gambar makanan setelah semalam tanpa tidur daripada setelah tidur nyenyak.

Apakah Jarang Tidur Membuat Berat Badan Bertambah?

Dengan kata lain kebiasaan tidur yang tidak teratur bisa membuat Anda kelebihan berat badan seiring berjalannya waktu. Hasil ini dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism.

Ilmuwan Christian Benedict dan Helgi Schiöth, dari Department of Neuroscience di Universitas Uppsala, mendemonstrasikan dalam sebuah artikel yang diposting sebelumnya, yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, bahwa hanya satu malam tanpa tidur menahan pengeluaran energi keesokan harinya. sehat, pria muda dengan berat badan normal.

Penelitian ini juga memastikan bahwa semua subjek memiliki tingkat kecanduan makanan yang tinggi, yang menunjukkan bahwa kekurangan tidur yang ekstrem dapat mempengaruhi persepsi makanan manusia.

Keterkaitan Antara Kurang Tidur dan Berat Badan Tubuh

Dalam sebuah studi baru, Christian Benedict, bersama dengan Samantha Brooks, Helgi Schiöth dan Elna-Marie Larsson dari Universitas Uppsala dan peneliti dari universitas Eropa lainnya, sekarang secara sistematis menganalisis area otak, terlibat dalam rasa lapar dan hasrat makanan.

Semua daerah ini terpengaruh oleh hilangnya tidur yang akut. Dengan bantuan magnetic imaging (MRI), para pekerja penelitian menganalisis otak dari 12 jantan yang memiliki berat badan normal, sementara mereka melihat foto makanan yang berbeda. Hasil yang direkam setelah satu malam tanpa tidur dibandingkan dengan hasil jantan yang sama setelah mereka tidur nyenyak.

Christian Benedict menjelaskan:

“Setelah malam mengalami kehilangan tidur total, pria ini menunjukkan aktivasi tingkat tinggi di area otak yang terlibat dalam keinginan untuk makan. Mengingat bahwa kurang tidur adalah masalah yang berkembang di masyarakat modern, hasil penelitian kami mungkin menjelaskan mengapa kebiasaan tidur yang buruk dapat mempengaruhi risiko orang untuk menambah berat badan dalam jangka panjang. Oleh karena itu penting untuk tidur sekitar delapan jam setiap malam untuk mempertahankan berat badan yang stabil dan sehat.”

ADD YOUR COMMENT