5 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Melawan Jerawat

5 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Melawan Jerawat

5 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Melawan Jerawat

Makanan yang Dapat Membantu Melawan Jerawat – Jerawat merupakan kondisi kulit inflamasi yang sekarang mungkin merupakan masalah kesehatan paling umum bagi remaja. Ditandai dengan munculnya jerawat, kemerahan, nyeri dan dalam beberapa kasus bahkan bekas luka.

Meskipun ada kecenderungan menurun pada usia akhir dua puluhan dan awal tiga puluhan, menurut Pusat Medis Universitas Maryland, bahkan generasi yang lebih tua tidak sepenuhnya kebal karena jerawat dapat terjadi pada periode kehidupan apapun, sebagai akibat dari kebersihan yang buruk, stres, sebagai bagian dari penyakit atau terapi lain dengan obat perorangan, namun juga sebagai akibat gizi yang tidak memadai dan diet sehat.

Jenis Makanan yang Mencegah Jerawat Datang Lagi

Beberapa makanan bisa mengiritasi sementara yang lain mungkin bermanfaat dalam mencegah atau mengurangi terjadinya gejala jerawat.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyingkirkan makanan pedas dan berlemak – minyak goreng, saus, kecap, mayones, keripik, daging berlemak, sosis asap, keju berlemak, serta makanan cepat saji, minuman ringan, dan tekankan asupan berbagai vitamin. dan mineral.

1.     Jus wortel dan wortel

Wortel dan jus wortel adalah sumber vitamin A dan beta karoten. Vitamin A dapat memberikan efek yang mirip dengan suplemen berdasarkan retinol yang biasa digunakan dalam pengobatan jerawat, dan tanpa resiko efek samping yang sering menyertai suplemen ini.

Satu cangkir jus wortel mentah memberikan 450% vitamin D harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa dan setengah cangkir wortel masak 270 persen. Karena fakta ini, begitu juga dengan manfaat kesehatan lainnya, wortel harus menjadi bagian integral dari makanan kita setiap hari.

2.     Sayuran hijau

Sayuran hijau juga kaya akan beta karoten. Setengah cangkir bayam yang dimasak menyediakan 230 persen asupan vitamin A harian yang disarankan pada orang dewasa.

Jumlah kangkung yang dimasak sebanyak 190 persen. Nutrisi lain yang bisa mempromosikan kulit bersih dan sehat meliputi peterseli, kubis, dan mustard. Sayuran hijau paling gelap mengandung jumlah nutrisi tertinggi – jika warnanya pucat, bagiannya harus lebih tinggi.

3.     Biji utuh

Biji-bijian utuh dapat memainkan peran besar dalam menjaga kebersihan kulit Anda, karena serat tersebut tidak dilepaskan dan nutrisi lainnya selama pemrosesan. Akibatnya, mereka memiliki lebih banyak manfaat gizi dan dampak positif pada gula darah dibandingkan dengan biji-bijian olahan, seperti tepung putih.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “American Journal of Clinical Nutrition”, diet rendah glisemik dapat membantu mencegah pembentukan jerawat. Makanan glikemik tinggi adalah makanan yang secara dramatis dapat mempengaruhi gula darah Anda dan dapat menyebabkan atau memperburuk gejala jerawat dan harus dihindari.

Makanan dengan indeks glisemik rendah, di sisi lain, mungkin memiliki dampak pada status hormon (terutama pada wanita) dan memiliki efek positif pada pengurangan gejala jerawat. Makanan untuk dimakan – roti gandum dan sereal (roti gandum), sereal gandum, beras merah, nasi, quinoa, tepung soba.

4.     Ikan

Ikan laut dingin seperti salmon, tuna, ikan trout danau, makarel dan tuna merupakan sumber utama asam lemak omega-3 – lemak esensialyang umumnya diketahui mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi otak.

Menurut sejumlah penelitian hingga saat ini, sesuai dengan prinsip perawatan kulit yang sehat, asam lemak omega-3 bisa membantu menenangkan peradangan kulit, yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat sehingga meminimalkan gejala jerawat.

Karena makanan khas Barat termasuk makanan yang menyebabkan gejala peradangan, seperti lemak daging, adanya lemak trans dan kekurangan asam lemak omega-3, pengenalan ikan setidaknya dua kali seminggu dalam makanan tidak diragukan lagi bermanfaat, keduanya untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah serta untuk kesehatan kulit. Teknik memasak ikan termasuk memanggang di oven atau di atas panggangan.

5.     Lean Meats and Seafood

Lean daging dan makanan laut adalah sumber seng yang berharga, yang mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan kekebalan tubuh, pembelahan sel, dan perkembangan fisik. Menurut sebuah studi di University of Maryland, peningkatan asupan seng bisa membantu mengurangi gejala jerawat. Itulah mengapa penting untuk mengkonsumsi makanan kaya seng (tiram, daging sapi, ayam) atau suplemen seng.

ADD YOUR COMMENT