5 Gejala Kekurangan Vitamin D yang Paling Umum

Gejala Kekurangan Vitamin D

Gejala Kekurangan Vitamin D

Gejala Kekurangan Vitamin D – Pada pertengahan abad yang lalu, profesional perawatan kesehatan menyatakan bahwa mengkonsumsi cukup banyak vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda tetap sehat.

Hari ini, bagaimanapun, memiliki tempat yang sangat tinggi dalam kesehatan manusia. Vitamin D membantu perkembangan tubuh dan otak kita, meningkatkan efisiensi sistem kekebalan tubuh kita dan membantu tubuh melawan sejumlah penyakit.

Anda mungkin percaya bahwa Anda meminum vitamin D harian Anda dengan makan yang sehat, namun penelitian menunjukkan bahwa hanya sejumlah kecil makanan mengandung vitamin ini dan sangat mungkin Anda kekurangan vitamin D. Inilah sebabnya mengapa perlu meningkatkan kadar vitamin D melalui suplementasi dan paparan sinar matahari.

Apa gejala paling umum kekurangan vitamin D?

  1. Kelemahan otot – Menurut beberapa ahli, agar otot rangka berfungsi dengan baik, reseptornya harus didukung oleh sejumlah vitamin D. Jadi gejala pertama defisiensi vitamin D adalah kelemahan otot atau kekurangan kekuatan.
  2. Lemahnya sistem kekebalan tubuh – Hampir setiap sel di tubuh memiliki situs reseptor vitamin D. Ini termasuk sel sistem kekebalan tubuh. Vitamin D telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas sel sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen dengan vitamin D mengurangi kemungkinan pengembangan beberapa penyakit dan infeksi seperti Multiple Sclerosis dan infeksi sistem pernafasan (termasuk asma).
  3. Depresi – Telah ditunjukkan bahwa ada kaitan antara defisiensi vitamin D dan depresi. Studi telah menunjukkan bahwa Vitamin D3 telah membantu mengurangi depresi musiman selama bulan-bulan musim dingin. Kurangnya sinar UV dari sinar matahari bisa jadi bagian dari alasan Seasonal Affective Disorder (SAD).
  4. Kondisi kulit – Berbagai penelitian yang diterbitkan oleh PubMed menunjukkan bahwa analog vitamin D sintetis membantu dalam pengobatan psoriasis.
  5. Tekanan darah tinggi dan penyakit jantungĀ – Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard menunjukkan bahwa wanita dengan defisiensi vitamin D memiliki 67 persen peningkatan risiko pengembangan hipertensi. Studi lain menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki tingkat vitamin D rendah memiliki kemungkinan dua kali terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat yang memadai.

Kesimpulan:

Ada banyak masalah kesehatan yang terkait dengan kekurangan vitamin D, termasuk: obesitas, kelelahan, sakit kronis, peningkatan risiko patah tulang, diabetes, dan masih banyak lagi. Melengkapi dengan vitamin D mungkin tidak memecahkan masalah ini, tapi pasti akan membantu menguranginya.

ADD YOUR COMMENT