10 Penguat Sistem Imun yang Paling Efektif

Penguat Sistem Imun yang Paling Efektif

Penguat Sistem Imun yang Paling Efektif

Penguat Sistem Imun yang Paling Efektif – Jika Anda akan mendapatkan bentuk tubuh yang bagus, Anda harus memperhatikan tidak hanya untuk makan dan berolahraga sehat, tapi juga bagian “tubuh” terpenting – sistem kekebalan dan kesehatan Anda.

Cara Meningkatkan Daya Imun Tubuh

Sistem kekebalan tubuh kita adalah sistem kompleks yang terdiri dari banyak jenis sel saling bergantung yang secara kolektif bekerja melindungi tubuh kita dari virus, bakteri berbahaya dan racun. Setiap gangguan sistem kekebalan tubuh berarti dapat menyebabkan penyakit dan infeksi – atau dengan kata lain – ketidakmampuan untuk menjalani hidup sehat dan berfungsi dengan baik.

Dan sementara Anda tidak dapat benar-benar mengisolasi diri dari virus dan infeksi, dan kadang-kadang Anda akan sakit, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki fungsionalitas dan kekuatan sistem kekebalan tubuh Anda.

Tips Efektif Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Anda

Berikut adalah beberapa penguat sistem kekebalan tubuh terbaik untuk membantu sistem pertahanan Anda tetap bugar.

  1. Lepas stres

Stres mungkin adalah alasan nomor satu untuk n gangguan sistem kekebalan tubuh, dan periode stres yang berkepanjangan akan menyebabkan sistem berfungsi buruk. Itulah mengapa sangat penting untuk menemukan cara santai dan melawan stres. Hal ini bisa dicapai melalui latihan, meditasi, bersosialisasi, melakukan apa yang membuat Anda bahagia seperti hobi dll.

  1. Cukup tidur

Cukup tidur sangat penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat. Kehilangan hanya beberapa jam tidur bisa secara drastis menekan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda tidak percaya ini, cobalah tidur hanya 4-5 jam semalam dan lihat bagaimana perasaan Anda keesokan harinya.

Saat tidur inilah sistem kekebalan tubuh Anda pulih dan diperkuat. Hormon seperti melatonin dan hormon pertumbuhan dilepaskan pada malam hari membantu pemulihan sistem kekebalan tubuh. Orang dewasa biasanya membutuhkan tidur 7-8 jam yang tidak terganggu di malam hari.

  1. Kurangi konsumsi alkohol

Terlalu banyak konsumsi alkohol bisa membahayakan sistem kekebalan tubuh dengan dua cara. Pertama, ia menghasilkan defisiensi nutrisi secara keseluruhan, membatasi nutrisi penguat kekebalan yang berharga.

Kedua, alkohol yang dikonsumsi dalam dosis tinggi bisa mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman dengan menekan kemampuan mereka untuk berkembang biak. Minum alkohol hanya secukupnya.

  1. Kurangi konsumsi gula

Sama seperti alkohol, konsumsi gula yang berlebihan bisa menekan kemampuan sel darah putih untuk berkembang biak. Mengkonsumsi 100 atau lebih gram gula sehari hanya dalam beberapa hari dapat memiliki efek buruk pada sistem kekebalan tubuh.

  1. Berolahraga secara teratur

Olahraga membantu Anda rileks dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Kombinasi yang bagus adalah latihan angkat beban dan latihan kardio. Cobalah untuk berolahraga sekitar 3 kali seminggu.

  1. Ambil vitamin D dan asam lemak esensial

Banyak orang kekurangan vitamin D dan asam lemak Omega 3 dan keduanya memiliki sifat anti-inflamasi dan sistem kekebalan yang membangun kembali. Konsumsi minyak ikan secara teratur dapat melengkapi defisiensi vitamin D dan EFA.

  1. Tingkatkan asupan vitamin C

Sumber vitamin C yang baik termasuk stroberi, produk sitrus, nanas, semangka, brokoli, paprika, peterseli dll.

  1. Makan sehat

Agar tetap sehat, pastikan makanan Anda mencakup banyak buah, sayuran dan sumber protein yang tidak bersoda seperti telur, ikan dan steak.

  1. Ambil probiotik

Penting untuk fungsi pencernaan normal, probiotik dapat ditemukan pada makanan seperti yogurt, produk diari fermentasi lainnya, dan juga tersedia dalam bentuk suplemen. Saluran pencernaan yang sehat membantu Anda tetap sehat.

  1. Minum banyak air dan teh

Air memiliki banyak fungsi dalam tubuh kita seperti mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan, mengangkut nutrisi dan oksigen ke sel, dan mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Pastikan Anda minum 1,5 sampai 3 liter air sehari setiap hari. Di sisi lain, teh seperti teh hijau dan teh hitam dikemas dengan antioksidan dan sangat membantu menjaga tubuh tetap sehat.

ADD YOUR COMMENT